Bupati Gunungkidul Tidak Melarang dan Menghilangkan Hajatan

Bupati Gunungkidul
Bupati Gunungkidul H. Sunaryanta saat memberikan pembinaan kepada para Dukuh Se-Kapanewon Semin. Selasa, (24/10/2023)

Opinijogja.com, – Bupati Gunungkidul H. Sunaryanta menegaskan bahwa dirinya tidak melarang adanya masyarakat yang menyelenggarakan perhelatan hajatan.

Hal tersebut di ungkapkan Sunaryanta saat memberikan pembinaan kepada seluruh kepala padukuhun se-Kapanewon Semin, di kompleks perkantoran kapanewon Semin. Selasa, (24/10/2023).

“Di lihat dampak atau efek yang terjadi di masyarakat seperti apa, toh di setiap daerah atau wilayah itu berbeda-beda sehingga yang lebih tau itu rekan-rekan Dukuh, RT, RW, pak Lurah dan pak camat. bila itu di rasa memberatkan dan bila itu sepakat masyarakat, sekali lagi tidak menghilangkan ya, tapi di rubah yang lebih ringan lagi silahkan. tapi satu syaraktanya, masyarakat sepakat. pemerintah atau bupati tidak melarang dan juga tidak menghilangkan, namun merubah yang meringankan,” kata Bupati Gunungkidul menjelaskan kepada Opinijogja.com usai memberikan pengarahan para kepala Padukuhan se-Kapanewon semin.

Sunaryanta juga menekankan kepada para kepala padukuhan di Kapanewon Semin untuk meningkatkan kedisiplinan dan juga pelayanan yang baik bagi masyarakat.

Baca Juga : Kenalkan Program Pertanian, SMK Ma’arif Sambirejo Outing Class ke Kebun Melon

Tak sampai disitu Bupati juga menghimbau kepada para Dukuh untuk melek teknologi di tengah berkembang pesatnya arus teknologi di era digital seperti saat ini.

“Inti dari pembinaan para Dukuh ini agar kedisiplinan dan pelayanan menjadi keharusan, karena dengan kedisiplinan maka pelayanan akan menjadi baik, yang selanjutnya bagi para dukuh harus berhati-hati dengan media sosial harus hati-hati, harus bijak pengunanaannya,” imbuhnya Sunaryanta.

Dalam pembinaan para Dukuh di Kapanewon Semin ini, Bupati didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMK3PKB) Drs. Sujarwo M.Si, dan Panewu Semin Haryanto SE.

Baca Juga : Hadapi Kemarau Panjang, Kapanewon Semin Gelar Rapat Kring Pertanian

Sementara itu Panewu Semin Haryanto SE mengatakan pembinaan para Dukuh yang ada di Kapanewon Semin menjadi penting menginggat ujung tombak dari pelayanan masyarakat berada pada para Dukuh, sehingga Haryanto menambahkan tanpa adanya pembinaan dari pucuk pimpinan dalam hal ini bupati akan menimbulkan outo pilot dalam hirarki pemerintahan.

“Pembinaan ini selain terciptanya komunikasi antara pucuk pimpinan kabupaten dalam hal ini Bupati kepada para pengemban ketugasan di akar rumput, sehingga terciptanya sinergi dalam menjalankan visi dan misi pemerintah kabupaten,” Kata Panewu Semin.

Dalam kegiatan pembinaan Bupati kepada para Dukuh ini juga di sediakan sesi tanya jawab antara dukuh dan juga Bupati Gunungkidul.